Jumat, 14 Februari 2014

Ulasan Liga Spanyol Pekan Ini, Adu Kencang Tiga Besar

Image-455Ulasan Liga Spanyol Pekan Ini, Adu Kencang Tiga Besar. Memasuki jornada ke-24, tiga kuda pacu La Liga; Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid masih bersaing sengit dengan poin yang identik (57). Akankah terjadi perubahan posisi pada jornada ke-24 akhir pekan ini?

Sepertinya tidak. Pasalnya, ketiga tim tersebut hanya akan menghadapi lawan-lawan yang relatif bisa mereka bisa atasi. Namun, peluang terjadinya kejutan tetap terbuka lebar, menyusul rotasi yang mungkin dilakukan masing-masing pelatih, mengingat Barca, Madrid dan Atletico akan tampil di Liga Champions di tengah pekannya.

Atletico yang menempati peringkat tiga, akan memulai laga lebih dulu, yakni pada Sabtu 15 Februari malam WIB. Pasukan Diego Simeone akan menjamu Real Valladolid di Vicente Calderon. Kemenangan jadi harga yang wajib diraih Los Colchoneros.

Selain untuk bisa terus berada dalam persaingan, kemenangan akan jadi pengobat luka yang ampuh buat Atletico setelah sebelumnya kalah di tiga laga terakhirnya. Hasil positif juga akan memberikan suntikan motivasi Diego Costa dkk. jelang laga tandang ke San Siro, kandang AC Milan pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis 20 Februari dini hari WIB.

Menilik rekor pertemuan, El Atleti punya rekor mentereng atas Valladolid. Dalam lima pertemuan terakhir, Atletico selalu sukses menaklukkan Valladolid baik di laga kandang maupun tandang.

Beberapa jam berselang, sang pemuncak klasemen, Barcelona akan menjamu Rayo Vallecano di Camp Nou. Bukan perkara sulit sepertinya bagi Blaugrana untuk meraup poin penuh atas Vallecano yang saat ini masih terbenam di zona degradasi. Hal ini didukung catatan statistik di mana Barca selalu menang dalam satu dekade terakhir melawan Vallecano. Bahkan, tak jarang mereka menang dengan skor besar.

Rotasi pemain sepertinya akan dilakukan pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino. Pemain-pemain pilar seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Gerard Pique, kemungkinan bakal diistirahatkan atau dimainkan tapi tidak full, demi menjaga kebugaran mereka jelang laga tandang ke Etihad Stadium, kandang Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu 19 Februari dini hari WIB.

Pada laga ini, Tata juga kemungkinan bakal menjajal Neymar da Silva yang kabarnya telah pulih dari cedera. Namun, jika pun bermain, bintang asal Brasil ini diyakini tidak akan bermain penuh.

Sehari berselang, atau Minggu malam WIB, Real Madrid akan bertandang ke markas Getafe, Coliseum Alfonso Perez, Madrid. Peluang untuk menang di laga derby kecil ini cukup besar lantaran saat ini Getafe tengah dalam krisi menyusul kegagalan mereka memetik kemenangan di sembilan laga terakhir.

Sementara di kubu tamu, Madrid justru tengah berada di puncak performa usai mengamankan tiket final di ajang Copa del Rey.  Performa El Real di pentas La Liga juga tak kalah mengkilap di mana mereka belum terkalahkan dalam 13 laga terakhirnya.

Berbeda dengan Atletico dan Barcelona yang akan melakoni laga di Liga Champions, akhir pekan ini, Madrid baru akan menyambangi markas Schalke di leg pertama babak 16 besar pada 27 Februari 2014.

Dengan demikian, entrenador Carlo Ancelotti bisa menurunkan skuad terbaiknya di laga nanti. Trio BBC -Benzema, Bale dan Cristiano Ronaldo- besar kemungkinan bakal langsung dipasang, dengan Jese Rodriguez yang kariernya tengah menanjak disiapkan alternatif. Namun, tak menutup kemungkinan, Don Carletto justru memberikan kesempatan bermain sebagai starter untuk penyerang muda yang belakangan ini terus menunjukkan kematangannya dengan konsisten mencetak gol.

Menilik rekor pertemuan di derby kecil ini, Madrid cukup mendominasi Malaga. Dalam enam pertemuan terakhir, Los Blancos sukses memetik lima kemenangan. Namun, satu laga lain yang berujung kekalahan, bisa menjadi suntikan motivasi Getafe untuk bisa menjegal Madrid di hadapan publiknya.

Berikut Jadwal Jornada ke-26 La Liga

Sabtu    15/02/14
03:00 WIB: Elche vs Osasuna
22:00 WIB: Atlético Madrid vs Real Valladolid

Minggu 16/02/14
00:00 WIB: Levante vs Almeri'a
02:00 WIB: Barcelona vs Rayo Vallecano
04:00 WIB: Villarreal vs Celta de Vigo
18:00 WIB: Granada vs Real Betis
23:00 WIB: Getafe vs Real Madrid

Senin 17/02/14
01:00 WIB: Athletic Bilbao vs Espanyol
03:00 WIB: Sevilla vs Valencia

Selasa 18/02/14
04:00 WIB: Ma'laga vs Real Sociedad

Artikel Terkait

- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Ulasan Liga Spanyol Pekan Ini, Adu Kencang Tiga Besar Deskripsi: Ulasan Liga Spanyol Pekan Ini, Adu Kencang Tiga Besar . Memasuki jornada ke-24, tiga kuda pacu La Liga; Barcelona, Real Madrid dan Atletico ... Rating: 4.5
◄ Newer Post Older Post ►